Reporting Services Review

September 9, 2007

Sudah beberapa bulan ini saya bekerja menggunakan Business Intelligence Visual Studio 2005. Yang saya pakai yaitu Report Server-nya, yang merupakan bawaan dari SQL Server 2005. Atau lebih dikenal dengan SQL Server 2005 Reporting Services. Banyak positif n negatifnya selama saya pake tools ini. Jadi mari kita bahas mengenai Report Server ini.

Kenapa negatif ? ya, karena menurut saya report server ini masih memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan dengan crystal report 11. Walaupun banyak juga kelebihannya. Kekurangannya itu antara lain format function yg dia suport hanya “IIF”, sementara untuk IF ELSE ato DO WHILE tidak disupport dalam function bulit in-nya. Kita harus mengakalinya di store procedure atau kita buat function sendiri di fitur “code” yang disediakannya. Jadi kurang Praktis saja rasanya. Walaupun fitur “code” ini sangat powerfull, karena kita bisa buat function sendiri menggunakan C# atu VB.Net, tapi tetap saja kurang praktis. Selain itu, report server tidak mensupport surpress yang bisa di-formula seperti di crystal report. Jadi bisa terbayang bagaimana repotnya.

Lalu belum lagi masalah Visual Studio-nya yg suka error. Error ini sering disebabkan jika kita membuat kondisi pengandaian yang menyebabkan over flow, maka visual studio-nya otomatis akan restart sendiri (bukannya menampilkan pesan error). Selain itu juga ada error yang (saya sendiri sampai sekarang belum tau kenapa bisa begitu) menyebabkan keyboard kita jd disable. Jadi kita hanya bisa menggunakan mouse untuk men-debug, atau melaukan aktifitas lain semua harus dilakukan pakai mouse, kecuali ngetik code masih bisa. Error ini akan terus berlangsung sampai kita me-restart visual studio-nya. Dan pada saat kita akan merestrart pasti akan muncul peran error “a modul dialog active”. Apa coba ? padahal ga ada yg aktif. Jadi Visual Studio-nya harus direstart pake jalan kekerasan ato end process.

Tetapi masalah yang paling membuat saya sebel tuh, visual studio tidak menghapus cookies lama kita dan tidak meng-over write dengan yang baru. Sehingga lagi-lagi kita harus merestart dataset atau pun halaman report yang sedang kita buat. Belum lagi jika kita mengeset nilai default pada parameter yang kita gunakan. Bisa dipastikan nilai default yang kita inisialisasi pertama kali sebelum kita debug yg menjadi nilai default untuk selamanya, walaupun pada debug ke dua sampai selanjutnya nilai default parameter ini sudah kita ganti, tetap saja yang disimpan oleh Report Server yaitu inisialisasi nilai yang pertama kali didebug. Ini cukup merepotkan menurut saya, karena kita nantinya harus mengganti satu-satu nilai parameter ini di properties reportnya. Saran saya biasakan jangan mengeset nilai  default untuk parameter, biarkan kosong saja. Kecuali,untuk mengeset True False atau tanggal hari ini sih ya gak apa-apa.

Sementara kelebihannya apa ?  kelebihannya Report Server ini merupakan bagian dari SQL Server 2005 (versi tertentu). Jadi client tidak perlu lagi beli lisensi crystal report yg harganya mahal itu lagi. Selain itu, seperti juga banyak product Microsoft lainnya, report server ini cukup user friendly dan untuk masalah integrasi dengan semua product microsoft yang lain tidak perlu kita khawatirkan. Asalkan kita sudah membuat store procedore-nya dengan baik, benar dan sesuai kebutuhan, maka masalah desain report bukan masalah. Lalu untuk sub report, SQL Server 2005 Reporting Services lebih baik dari Crystal Report. Sub report di SQL Server 2005 Reporting Services benar-benar suatu report sendiri yang dihubungkan dengan report induk. Bukannya sub report didalam satu halaman induk seperti Crystal Report. untuk kedinamisan report, SQL Server 2005 Reporting Services menang jauh dari crystal report. Pada SQL Server 2005 Reporting Services, kita bebas menggunakan beberapa datatabel, matriks, datupun single data field dalam satu halaman report (parameter harus sama), sementara pada Crystal Report harus pake sub report.

Jadi memang setiap tools pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Tapi saya tetep prefer pake SQL Server 2005 Reporting Services jika harus memilih. Untuk kedepan saya akan menggunakan Business Intelligence untuk Analysis Services, tapi ya masih dalam tahap belajar. Ada yg mau ngajarin Analysis Services?

16 Responses to “Reporting Services Review”

  1. asukowe Says:

    uji coba Pertamax

  2. syafriadi Says:

    @asukowe
    gile…
    blm jg atu menit dipublish…
    pertamax aje…

    keduax deh… :P

  3. asukowe Says:

    Hi hi belum tahu ya, saya kan keponakan nya yang punya wordpress, jadi bisa sniff..

  4. catatanqs Says:

    ketiga… asyiiik… hehehhehee…

  5. Bachtiar Says:

    oehee…bagus.

    mas dy di link oee

  6. Bachtiar Says:

    oehee…bagus.

    mas ay di link oee

  7. Dewa Dewi Says:

    Busyet, antrian pertama udah ditongkrongin oleh anjing item. Gw bawa pentungan dulu deh, biar dia nggak nyathek. Ha ha ha.
    Postingannya apik tenan.

  8. asukowe Says:

    Ampun Diajeng jangan dipentung, jaman sekarang lebih baik hidup sebagai anjing bermuka buruk + gatel, tapi berhati mulia, daripada bermanis muka namun hati dan mulutnya penuh kebusukan dan tipu-tipu daya, penuh rasa dengki dan iri terhadap sesama, omong2 diomong senyumnya manis juga ya… eh postingan yang mana?

  9. alex Says:

    Betewe, Business Intelligence Visual Studio 2005 itu bukan versi free seperti visual C sharp dan sejenisnya, ya?

    Saya sih pernah coba visual studio yang bisa download saja cuma. Ilmunya saya belum nyampe ke sini nih :P

  10. arifn Says:

    salam kenal kk…. :D

  11. syafriadi Says:

    @dewo
    bagus sih mas… karena kita ga repot lg ngatur2 tampilan kyk di crystal report

    @asukowe, catatanqs, Bachtiar, Dewa Dewi :)

    @alex
    iya mas ga free… tp klo kita udah beli lisensi SQL Server 2005 yg ada reporting service, ntar Business Intelligence Visual Studio 2005 ga perlu beli lg kok

    @arifn
    salam kenal jg

  12. leo Says:

    “merestart dataset atau pun halaman report yang sedang kita buat”

    Yang kedua atau ketigakalinya biasanya hasilnya lebih bagus


  13. Hurrah, that’s what I was exploring for, what a stuff! existing here at this website, thanks admin of this web page.


  14. Nice blog here! Also your site loads up very fast!

    What web host are you using? Can I get your affiliate link to your
    host? I wish my site loaded up as quickly as yours lol


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: